Pages

Sunday, October 21, 2012

Pengalaman Web Hosting Indonesia Axiadata

Pengalaman Web Hosting Indonesia Axiadata

Berbagai Web Hosting dari Indonesia ditawarkan dengan berbagai cara agar bisa menarik para konsumen untuk bisa memakai atau berlangganan hosting ditempat mereka, promosi besar-besaran dengan berbagai fitur yang menarik menjadi salah satu pandangan yang biasa terjadi takkala mereka menganggap tempat mereka adalah yang terbaik dari berbagai Penyedia Layanan Web Hosting di Indonesia maupun di luar Indonesia.

Tukang Coding sebagai salah satu konsumen dan pemakai website yang berbasis hosting mencari dan menggali informasi dari teman hingga menjelajah internet untuk mencari mana yang bisa diandalkan performanya dan yang lebih penting lagi adalah harga yang ditawarkan cukup untuk kantong Mahasiswa. Sempat terlintas ingin menghostingkan web di luar negeri yang katanya terkenal stabil, respon yang cepat dalam menanggapi keluhan pelanggan, dll tapi dengan harga yang mungkin sebanding dengan pelayanan yang diberikan kepada konsumen membuat menarik diri untuk mengurungkan niat menghosting di tempat para orang bule.

Tak berapa lama, teman merekomendasikan tempat hosting di langganannya anggap saja Hostingan A. Beberapa bulan website Tukang Coding yaitu TreTans.com berjalan dengan lancar dan terkadang pula ada masalah klasik yakni tak bisa diakses karna server hosting mengalami masalah dan masalah itupun sering terjadi hingga terkadang membuat jengkel. mau pindah tapi karna masih awam dengan yang namanya webhosting dan juga trauma takut terjadi hal yang sama jadi uang terbuang percuma.

Beberapa waktu kemudian, ada sebuah plugin yang dapat membantu untuk meningkatkan SEO di Search Engine yaitu STT2. karna penasaran Tukang Coding mencoba untuk memasang STT2 yaitu sebuah plugin Wordpress dimana plugin ini sangat membantu Tukang Coding untuk mempromosikan Website TreTans.com di pencarian Google dan Pencarian lainnya jadi bisa membantu orang-orang yang ingin tau lebih jauh tentang Pulau Madura.

Web TreTans.com merupakan Web yang berisi tentang kehidupan pribadi dan semua hal terkait dengan Pulau Madura entah itu Pariwisata, Sejarah, Budaya, dan lain sebagainya untuk dikenalkan kepada dunia luar bahwa Pulau Madura mempunyai Potensi yang luar biasa didalamnya.

Tak berapa lama memasang plugin STT2 tertanam di Web TreTans.com, Pemilik Webhosting A mengisyaratkan bahwa plugin tersebut harus dinonaktifkan karna memberatkan server utama dan menganggu arus lalu lintas web yang lainnya. Apa yang disampaikan webhosting A memang benar adanya, melalui pencarian Google, disitu banyak webhosting membatasi penggunaan Plugin STT2 yang memakan resource memory dan memperlambat kinerja dari server hosting. berikut salah satu pengalaman seseorang yang telah menggunakan Plugin STT2:

isnuN3:
ia gan akun saya sampai ke suspend di idh****** menggunakan plugin stt2 dengan alasan "Akun anda telah melebihi batasan kuota penggunaan CPU 70% yang diizinkan selama lebih dari 1000 kali . Kami menilai hal ini tidak normal dan menyebabkan beban server kami menjadi tinggi" jadi ati ati dengan plugin yg dipakai
sumber: adsense-id

sejak pelarangan memakai Plugin tersebut, ditambah juga ingin mencari webhosting yang tidak membatasi dalam hal arus bandwidth, Tukang Coding memutuskan untuk pindah tempat. Pencarian di dunia Internet dilakukan mencari hostingan yang bisa menggunakan STT2 serta bandwidth yang unmetered alias tak terbatas jadi tidak was-was memikirkan kehabisan stok bandwidth sebagai salah satu jalan untuk mengakses web.

Pencarian demi pencarian dan melihat fasilitas yang ditawarkan akhirnya memutuskan untuk memakai jasa hosting dari "cafe******". Fasilitas yang diberikan cukup menggiurkan yakni hostingan 250MB, Unlimited, bisa memakai plugin STT2 dan harganya terbilang cukup murah dan diputuskan untuk menghostingkan ditempat itu. Selama beberapa bulan semua lancar meski terkadang ada hambatan yakni server mengalami gangguan dan itu bagi Tukang Coding adalah hal lumrah sepanjang tidak terlalu sering sehingga berdampak pada pengunjung web TreTans.com yang bisa berakibat larinya para pengunjung ke sejumlah situs lainnya. Hingga suatu saat timbul masalah yakni web TreTans tidak bisa diakses sama sekali, beberapa kali menghubungi Customer Service tapi jawaban kurang memuaskan yang menyebabkan TreTans mulai berpikir untuk pindah hosting.

Kekecewaan terhadap Service yang diberikan telah mencapai puncaknya, akhirnya diputuskan kembali untuk berpindah webhosting. Pencarian tentang webhosting seperti kriteria yang disebutkan diatas kembali dilakukan untuk mengaktifkan web yang sempat mati suri karna kurang tanggap dan responnya webhosting dimana Tukang Coding menghostingkan web TreTans.com. Dimulai dari bertanya ke teman-teman Komunitas Blogger Madura [Plat-M.com] serta pengalaman dimana tempat mereka menaungi hosting webnya hingga bergerilya bersama teman menyusuri lapak-lapak seperti kaskus.co.id dan menemukan beberapa tempat webhosting yang sangat menggiurkan. Tidak ingin jatuh di lubang yang sama, Tukang Coding menahan diri untuk tidak langsung menjatuhkan pilihan ditempat tersebut berbekal pengalaman sebelumnya yang juga menggiurkan tapi berakhir dengan ketidakpuasan terhadap pelanggan terutama dalam hal pelayanannya.

Entah bagaimana ceritanya, Tukang Coding menemukan Webhosting Axiadata.co.id yang fasilitasnya hampir sama dengan tempat webhosting yang digunakan web TreTans.com sebelumnya. Rasa trauma karna kejadian sebelumnya sempat muncul tapi semua itu berkurang drastis karna mata tertuju pada domain yang digunakan webhosting tersebut yakni .co.id yang berarti tempat webhosting tersebut memang benar-benar serius dalam mengembangkan usahanya untuk para pengguna webhosting. Serius dalam hal ini dikarenakan untuk mendaftar domain .co.id ada syarat khusus tidak seperti domain lainnya seperti .com atau .net yang tidak memerlukan syarat khusus dalam penggunaannya. Syarat khusus untuk mendapatkan domain co.id yakni:

- KTP/SIM/Paspor (masih berlaku)  
- SIUP (Surat Ijin Usaha Perusahaan) / TDP / (Akte Notaris cover dan hal 1) NPWP)
- Kepemilikan merk bila ada  
(sumber:axiadata)

berbekal kepercayaan dengan domain yang dipakai oleh Hosting Axiadata, kemudian dilanjutkan menjelajah produk yang ditawarkan oleh Hosting Axiadata yang sesuai dengan kebutuhan dan ketebalan dompet. Sekian lama membaca dan memahami, Tukang Coding tertarik pada pilihan "Personal Hosting". Tak lama kemudian berinteraksi dengan Customer Service untuk segera menjadi bagian dari keluarga besar Axiadata.co.id dan berikut adalah paket "Personal Hosting" yang menjadi pilihan Tukang Coding:

Paket Personal Hosting Axiadata.co.id
Personal Hosting IIX merupakan pilihan yang menyediakan paket diantaranya Person250, Person500, Person750 dan Person1000 yang tiap paketnya menyediakan beberapa harga dan fitur yang berbeda tergantung pada pilihan konsumen, lebih lengkap mengenai Personal Hosting IIX, TreTan bisa melihatnya disini

Selain Personal Hosting IIX, ada juga produk yang ditawarkan oleh Axiadata yakni Personal Hosting USA, Baby Plan IIX, Baby Plan USA, Bisnis Hosting IIX, Bisnis Hosting USA, Corporet Hosting USA

Mungkin yang jadi pertanyaan adalah, kenapa ada perbedaan dibelakang tiap produk yakni IIX dan USA? apa bedanya?

dan berikut adalah garis besar jawaban dari pertanyaan diatas:

HOSTING SERVER USA: 
(+) cepat diakses dari mana saja karena USA adalah simpul dari internet dunia 
(+) pengiriman maupun penerimaan e-mail sangat lancar karena routing ke mail server–mail server besar seperti Yahoo, Hotmail, Gmail, dan lain–lain cukup pendek 
(+) mudah diakses oleh website–website crawler seperti Google, Yahoo, MSN, dan lain–lain 
(-) kecepatan aksesnya dari dalam negeri (Indonesia) kalah jika dibandingkan dengan server yang berlokasi di Indonesia

HOSTING SERVER INDONESIA (IIX): 
(+) sangat cepat diakses dari dalam negeri (Indonesia) karena routingnya pendek 
(+) tidak terpengaruh oleh kondisi konektivitas internasional dari ISP Indonesia yang digunakan pelanggan 
(-) bandwidth internasional relatif lebih kecil sehingga pengiriman e-mail dengan attachment-attachment besar ke arah mail server di luar seperti Yahoo, Hotmail, Gmail, dan lain–lain sering ter-delay 
(-) relatif lebih lambat jika diakses dari luar negeri  
Sumber: fahrurrozi.com

dan kesimpulannya adalah target pengunjung, Jika TreTans menargetkan pengunjung terbanyak dari luar negeri, ada baiknya menggunakan Server USA dan jika menargetkan pengunjung dari dalam negeri (Indonesia) ada baiknya menggunakan Server IIX (Indonesia)

Oia, sebagai informasi buat TreTan yang menggunakan blogspot dan ingin merubah nama domain yg mulanya namablog.blogspot.com menjadi nama sendiri (Custom Domain) alias tanpa embel-embel .blogspot bisa juga menggunakan produk dari axiadata yakni Custom Domain Blogspot. Pilihan Domain yang bisa digunakan adalah Domain Indonesia yakni: web.id, or.id, co.id, sch.id, ac.id, go.id atau Domain Internasional yakni: .com, .net, .org, .us, .me, .biz, .tv, .in, .name, .info, .co, .asia



PENGALAMAN SELAMA MENJADI MEMBER AXIADATA

Kembali lagi bercerita, Setelah proses transaksi selesai, saatnya pemindahan data web dari hosting lama ke hosting baru yakni axiadata.co.id dibantu oleh Tim Teknis dari axiadata dan Tukang Coding hanya menyerahkan username dan password ditempat hosting lama, jadi semua ditangani oleh Pihak Axiadata dan Tukang Coding hanya menunggu pemberitahuan bahwa proses telah selesai. Proses Pemindahan Data berlangsung begitu cepat dan tak berapa lama web TreTans.com kembali bisa diakses.

Tak lengkap dan tak adil jika hanya menjelaskan yang positif-positif saja selama menjadi member Axiadata.co.id. jadi Tukang Coding juga akan berbagi cerita ketika web TreTans.com mengalami masalah alias tidak bisa diakses:

Saat itu ketika membenahi isi web yakni TreTans.com, Web Tukang Coding tidak bisa diakses padahal beberapa hari lagi akan ada acara besar yakni Blogilicious Madura 2012 yang diadakan oleh IdBlogNetwork dan Telkom Indonesia. Tukang Coding sendiri merupakan bagian dari Panitia Acara tersebut bersama Nak-Kanak Blogger Madura. Sempat panik karna jika website tidak bisa diakses ketika acara berlangsung maka siap-siap menanggung malu ketika berkenalan dengan blogger lainnya yang jelas ingin mengetahui secara langsung isi dari blog masing-masing. Pada saat itu juga Tukang Coding menghubungi Pihak Axiadata dan Tim Axiadata mengatakan bahwa server dimana tempat Hosting web TreTans.com mengalami gangguan dan sedang diperbaiki oleh Tim Teknisi Axiadata.

Kami informasikan saat ini sedang terjadi gangguan pada listrik pada rack server IIX kami di Gedung Cyber sehingga beberapa server yang di letakan di rack yang sama mengalami downtime baik Shared hosting Maupun Dedicated Server. saat ini sedang di tangani pihak teknisi. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Informasi lainnya akan kita update kembali, semoga informasi ini bermanfaat.  
E-Mail dari Tim Teknis Axiadata.co.id

Tukang Coding hanya bisa pasrah dan menerima kenyataan tersebut tapi semua itu tak berlangsung lama dan beberapa saat kemudian web TreTans.com kembali aktif.


Tukang Coding memaklumi ketika Data Center Axiadata mengalami masalah karna yang jelas buatan manusia tak ada yang sempurna dan yang membuat Tukang Coding merasa salut adalah pelayanan dalam hal memberikan penjelasan tentang kerusakan yang terjadi pada konsumen tanpa bertele-tele dan sigap dalam hal membenahi kerusakan yang ditimbulkan.


KESIMPULAN:

dan kesimpulannya adalah:

Webhosting Axiadata.co.id sangat bagus pelayanannya, harganya yang terbilang cukup murah, akses cepat, sopan dan ramah dalam memberikan respon kepada konsumen, Teknisi yang cukup mahir dan handal, terbukti dengan cepatnya menangani masalah ketika axiadata mengalami gangguan teknis dan hebatnya adalah ketika Webhosting Axiadata yang tak lama ikut meramaikan jagat perhostingan Indonesia yakni berdiri pada 1 April 2012 masuk dalam 10 daftar webhosting terbaik dalam "Top 10 Website Hosting Ratings Indonesia versi Web-Hosting-Top" pada bulan Agustus 2012 beberapa bulan sejak berdirinya Axiadata.

nb:
apa yang Tukang Coding sampaikan diatas "apa adanya" dan bukan "ada apanya"


Terakhir,
Terima Kasih buat AXIADATA.CO.ID atas service yang diberikan dan selamat atas suksesnya pelaksanaan BLOGILICIOUS MADURA 2012


No comments:

Post a Comment