Pages

Friday, August 16, 2013

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2013 ke 68

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2013 ke 68

Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 68 pada tanggal 17 Agustus 2013 hari ini serentak dirayakan oleh segenap rakyat Indonesia untuk menghormati dan menghargai jasa para pahlawan yang berjuang untuk memerdekakan warga negara indonesia dari para penjajah. Menjadikan Indonesia lepas dari penjajah bukanlah hal yang mudah, raga menjadi taruhannya agar terbebas dari intimidasi yang saat itu dilakukan oleh bangsa Inggris, Jepang dan Belanda selama pendudukan mereka di tanah air.

17 Agustus 1945, atau tepat 68 tahun yang lalu, kemerdekaan Indonesia diproklamirkan oleh dua founding father negeri ini, Soekarno dan Mohammad Hatta, di Jalan Pegangsaan Timur No 56, Jakarta. Tanggal ini kemudian dirayakan sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia setiap tahunnya.

Sejarah mencatat, penyusunan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilakukan oleh Soekarno, Hatta, dan Achmad Soebardjo di rumah seorang perwira tinggi Angkatan Laut Jepang, Laksamana Tadashi Maeda di Jalan Imam Bonjol No 1, Jakarta.

Penyusunan teks Proklamasi tersebut turut disaksikan oleh Sukarni, BM Diah, Sudiro, dan Sayuti Melik Sukarni mengusulkan agar yang menandatangi teks Proklamasi itu adalah Soekarno dan Hatta atas nama bangsa Indonesia. Setelah konsep selesai disepakati, Sayuti Melik menyalin naskah tersebut dengan menggunakan mesin ketik. (inilah.com)

Pada awalnya pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia akan dilakukan di Lapangan Ikada (sekarang kawasan Monas). Namun karena alasan keamanan, maka pembacaan teks Proklamasi dipindahkan ke kediaman Soekarno, di Jalan Pegangsaan Timur No 56 (sekarang Jalan Proklamasi No 1) pada 17 Agustus 1945 sekitar pukul 10 pagi.

Google Doodle Indonesia Merdeka (inilah.com)


Hari Merdeka Indonesia selain dilaksanakan Upacara di berbagai daerah juga kerap diadakan lomba-lomba untuk turut menyemarakkan 17 Agustus seperti Makan Krupuk, Tarik Tambang, Panjat Pinang dan lain sebagainya yang biasanya dilakukan di tiap RT, RW atau Kecamatan dengan berbagai hadiah. Di Tingkat Kabupaten juga mengadakan lomba seperti Gerak Jalan, Karnaval, Kebersihan,dan lain sebagainya serta menempatkan bendera Merah - Putih di tiap instansi dan Ucapan Selamat 17 Agustus 1945 atas Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pencarian:
Puisi Kemerdekaan Indonesia, Pidato Indonesia Merdeka, Contoh Cerpen tentang Kemerdekaan Indonesia, Proklamator Indonesia, isi Proklamasi 1945, Sejarah Kemerdekaan Bangsa Indonesia, download lagu Indonesia merdeka.

No comments:

Post a Comment